Pusat Beladiri Karate Kyokushinkai

Gedung Tempat Latihan; bekas Gereja Katolik

Gedung Tempat Latihan; bekas Gereja Katolik

Tahukah anda bahwa Kota Batu ternyata juga menjadi cikal-bakal atau lahirnya salah satu aliran bela diri yang sangat terkenal yaitu Pembinaan Mental Karate Kyokushinkai Karate-do Indonesia. Aliran karate Kyokushinkai (Full-body Contact / tanpa pelindung badan) yang sangat populer ini didirikan oleh Shihan Nardi T. Nirwanto pada tanggal 7 Mei 1967 di Kota Batu yang sampai sekarang menjadi pusat perguruan ini. Kyokushinkai juga merupakan anggota resmi FORKI (Federasi Olahraga Karate-do Indonesia) sejak organisasi ini dibentuk.

Perguruan ini awalnya di beri nama Go No Sen, yang secara literal berarti “bertahan adalah menyerang” (defense is offense). Go No Sen memiliki makna bahwa setiap karateka seharusnya mengutamakan bertahan, dan hanya menyerang bila terdesak. Nardi tidak bisa menggunakan nama Kyokushinkai karena masalah lisensi. Shihan Nardi T. Nirwanto di masa hidupnya pernah memperdalam ilmu beladiri ini di bawah bimbingan langsung dari Grand Karate Master, yaitu almarhum Masutatsu Oyama, atau lebih sering disebut dengan Master Oyama. Master Oyama, pada masa hidupnya merupakan seorang karateka yang sangat kuat secara fisik (pernah mengalahkan dan mematahkan tanduk lembu jantan 52 kali), selalu berusaha untuk membina mental spiritualnya dengan berdisiplin diri yang tinggi. Beliau juga melakukan meditasi untuk refleksi, melihat ke dalam dirinya sendiri. Shihan Nardi mengubah nama perguruannya setelah ia menyelesaikan Special Black Belt Course for Instructors di Tokyo Honbu, Jepang. Setelah wafatnya Shihan Nardi pada tanggal 22 September 2009 di usia 70 tahun, Pembinaan Mental Karate dipimpin oleh Liliana Herawati, atau lebih akrab dipanggil Senpei Lili.

Menurut website http://id.88db.com/indonesia/Aceh/Olahraga-Fitness/Bela-Diri/ad-88514/ ; kantor pusat Karate Kyokushinkai berada di Jl. Imam Bonjol Atas 24 Batu 65314 Malang, Indonesia; dengan Contact Person yaitu Senpei Lili. Sementara untuk tempat latihan / Dojo menggunakan atau menyewa gedung St.Simon Stock di Jl.Panglima Sudirman, gedung ini dulu adalah Gereja umat Katolik Paroki Batu sebelum pindah ke Jl.Ridwan. Gedung ini juga merupakan gedung serba guna untuk beberapa acara seperti resepsi pernikahan, rapat, dsb. Baru-baru ini dibuka tempat latihan baru yaitu di Gedung Mahameru-Fitness, Jl.W.R.Supratman Kota Batu.

Satu hal yang patut disayangkan adalah bahwa Kota Batu yang merupakan pusat dan tempat kelahiran seni beladiri Karate Kyokunshinkai belum mempunyai gedung sendiri, sehingga tempat latihan ini sempat berpindah-pindah dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Andai saja ada satu tempat permanen yang merupakan pusat dari seluruh aktivitas Karate Kyokushinkai mulai dari kantor sampai tempat latihan dan mungkin sarana latihan fisik “outdoor”, tentunya akan lebih terasa greget dan wibawanya sebagai pusat dari Kyokushinkai di Indonesia. Semoga.

***

Jatz, 08 Mei 2013

Bahan Referensi: Wikipedia, dan sumber-sumber lain.

Advertisements

9 thoughts on “Pusat Beladiri Karate Kyokushinkai

  1. osh…..
    dulu waktu smp aq pernah ikut karate d kyokushinkai…..kangen sinpai sinpaiku yg dulu.ndak tau masih ingat ma aq apa ndak….

    • Anda bisa langsung datang ke tempat latihan / Dojo di Mahameru Fitness, Jl.WR Supratman, pada hari Selasa dan Jumat pk. 15.00, menemui Sinpei Raim.

  2. aku ingin ikut seni beladiri .. mohon untuk memberi nomb yg bisa di hubungin .. aku dari kota batu desa temas … dan beri aku info pendaftaran …
    sekian trimakasih

  3. OSH.
    Salam kenal
    Dulu saya pernah aktif di salah satu cabang Kyokushinkai di Padang, kalau memang Kyokushinkai Pusat Batu Malang belum Punya DOJO yang tetap kenapa nggak terpikirkan untuk seluruh Warga Kyokushinkai untuk turut serta melakukan gerakan sumbangan untuk pembangunan DOJO atau mengadakan kejuaraan terbuka sekaligus mengumpulkan dana untuk membuat DOJO di daerah Batu Malang, atau barangkali ada simpatisan yang akan ikut berpartisipasi dalam pembangunan DOJO di Batu malang.

    • Pemikiran yang bagus Mas Nasrul, jika anda kenal beberapa tokoh karateka di Padang mungkin ide anda bisa anda sampaikan sehingga nantinya ide tersebut bisa disampaikan ke Pengurus Pusat di Batu – Malang. Terima kasih kunjungannyake blog saya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s