Taman Bacaan “AMIN”

Amin-1Anda punya hobby membaca tetapi kebetulan saat ini sedang berada di Kota Batu? Tidak usah khawatir, karena di Kota Wisata yang tidak terlalu luas ini terdapat sebuah Taman Baca dengan nama “Amin”. Di taman baca ini pengunjung bebas memilih sendiri buku atau majalah yang ingin dibacanya tanpa dipungut biaya alias gratis. Selain Taman Baca gratis, di tempat ini juga disediakan layanan poligigi gratis.

Pengawas Sementara Poligigi dan Taman Baca “Amin”, menjelaskan, layanan poligigi serba gratis itu diperuntukkan bagi seluruh masyarakat kurang mampu yang mendapat masalah pada gigi sehingga mereka bisa mendapat sejumlah layanan gratis seperti tambal gigi, cabut gigi, sampai pada perawatan karang gigi dengan peralatan kedokteran gigi yang terbaru. Layanan poligigi dibuka setiap Jumat dan Minggu pukul 11. 00 WIB sampai 16.00 WIB. Poligigi terdapat di lantai satu. Di lantai satu ini terdapat dua ruang dokter gigi dan satu dokter umum.

Tempat Baca yang Nyaman

Tempat Baca yang Nyaman

Bangunan Taman Baca dan Poligigi ini tergolong sangat unik karena seluruh bangunan fisiknya tidak berupa tembok-tembok seperti bangunan gedung pada umumnya, tetapi menggunakan 7 container dengan ukuran berbeda-beda (3 container berukuran 20 feet dan 4 container berukuran 40 feet). Dengan menggunakan “bahan” yang tidak umum ini, maka bentuk fisik dari Taman Baca ini jadi begitu unik, terdiri dari container yang ditata sedemikian rupa sehingga jika dilihat dari wujud luarnya pasti membuat siapa saja yang melihatnya menjadi penasaran ingin tahu lebih lanjut seperti apa desain interiornya.

Lemari Buku yang Rapi

Lemari Buku yang Rapi

Di counter pintu masuk anda akan diminta untuk mengisi buku tamu dan harus menitipkan tas atau jaket di locker yang sudah disediakan. Kunci locker diserahkan pada anda, yang artinya hanya anda yang bisa membuka locker tersebut. Di counter pintu masuk ini juga disediakan makanan dan minuman siap saji yang bisa anda beli untuk menemani keasyikan anda membaca buku. Secara garis besar taman baca ini terdiri dari 3 container utama, Ruang Biru atau container berwarna biru untuk bacaan populer, bacaan umum dan bacaan hiburan, Ruang Kuning untuk ruang baca kewanitaan dan Ruang Merah untuk bacaan iptek.

Amin-5

Di lantai dua merupakan loby, ruang baca out door, teras kaca bundar dan ruang bundar untuk anak-anak. Setelah melewati pintu masuk, anda langsung bisa memilih ruang atau container di mana setiap ruang atau container berisi buku-buku bacaan menurut klasifikasinya. Ada taman baca untuk anak-anak yang tentu saja berisi buku-buku pembelajaran dan hiburan bagi anak-anak, lalu ada container yang berisi buku-buku dan majalah-majalah Iptek seperti “National Geographic”, buku-buku biografi tokoh-tokoh dunia dan Indonesia, dan banyak lagi ragam buku menurut golongannya masing-masing. Ada satu container berukuran agak kecil yang terletak di atas berisi majalah-majalah wanita yang cukup populer, dan container yang berisi buku-buku politik dan umum. Secara keseluruhan jumlah buku yang ada di Taman Baca ini sekitar 6000 buku. Jika anda memiliki kesempatan untuk singgah, silakan anda jelajahi tiap container yang ada di sini karena semuanya memang diperuntukkan bagi anda yang gemar membaca.

Amin-6

Tempat duduk untuk membaca juga bertebaran di tiap-tiap container, jika anda beruntung, anda bisa duduk di sofa empuk dan nyaman yang juga disediakan bagi pengunjung, tetapi jika sofa itu sudah ditempati, anda harus rela duduk di kursi-kursi yang berada di kiri kanan rak buku yang berjajar rapi. Pencahayaan di tiap container juga sangat bagus sehingga meskipun malam hari tidak akan mengganggu kenyamanan kita dalam membaca. Lantai di tiap container ini dilapisi dengan karpet tebal dan tulisan di pintu masuk container mengharuskan anda untuk melepas alas kaki dan menyimpan sepatu atau sandal di rak-rak terdekat. Di setiap container tidak disediakan asbak, yang artinya, bagi anda yang perokok, harus rela duduk di luar container untuk membaca buku-buku pilihan anda sambil menikmati tiap hisapan rokok kesayangan anda.

Amin-7

Pembukaan Poligigi dan Taman Baca yang berlokasi di Jalan Raya Sultan Agung (di sebelah selatan Stadion Gelora Brantas Batu) atau di ujung jalan masuk Jawa Timur Park I itu ditandai dengan peresmian oleh Wali Kota Batu, Bapak Eddy Rumpoko, pada hari Minggu Tgl. 30 November 2008.

Taman Baca dan Poligigi ini merupakan sumbangan Bapak Sastro Sendjojo dan Ibu, Rio Imam Sendjojo, Ronny Sendjojo, serta Jawa Timur Park dalam rangka memperingati ulang tahun ke-7 Kota Batu dan sumbangan bagi masyarakat Kota Batu.

Amin-8

Taman baca ini, tiap hari dibuka untuk umum tanpa pungutan biaya dengan jam kunjungan setiap hari mulai pukul 14.00 WIB sampai 21.00 WIB. Jadi bagi anda yang gemar membaca dan punya banyak waktu luang, tidak ada salahnya anda menghabiskan waktu anda yang begitu berharga tersebut di tempat ini.

***

Artikel ini sudah dimuat di: pesonamalangraya.com

Foto & Artikel: By Jatz

Advertisements

2 thoughts on “Taman Bacaan “AMIN”

  1. Sayang, gara-gara adanya pasar sore, pengunjung tidak bisa menikmati ruang baca AMIN ini dari pagi seperti dulu lagi. Padahal lokasi taman baca ini dekat sekali dengan SMA Negeri 1 Batu & SMK Islam Batu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s