Film “White Ghost” tayang…dan Senisono pun runtuh…

Bayangkan anda sedang nonton sebuah film “action” di sebuah gedung bioskop, dan saat sedang asyik menikmati film tersebut tiba-tiba atap dari gedung bioskop tersebut runtuh… Pertama mungkin kita tidak menyadari apa yang sebenarnya sedang terjadi karena otak kita masih terfokus pada cerita film, dan selanjutnya barulah kita panik lalu secara naluriah berusaha menyelamatkan diri tanpa pikir panjang lagi… Tak bisa dibayangkan kekalutan penonton yang berada di dalam gedung saat peristiwa tersebut terjadi, dan juga…rintihan kesakitan penonton yang tertimpa reruntuhan genteng, kayu, dan benda-benda keras lainnya.

Tulisan di atas bukanlah fiktif, namun peristiwa tersebut memang benar-benar menimpa sejumlah penonton di Gedung Bioskop “Senisono” pada sekitar tahun 1988. Gedung bioskop Senisono memang kini sudah tidak ada lagi, namun kisah runtuhnya atap tersebut masih terkenang terutama bagi wongbatu yang mengalaminya.

Dari hasil ngobrol melalui Facebook dengan seorang wongbatu yang sekarang berdomisili di Bandung, terungkaplah sebuah kisah seputar tragedi Gedung Bioskop “Senisono”. Wongbatu ini dengan yakin mengatakan bahwa film yang sedang diputar saat peristiwa tersebut terjadi berjudul “White Ghost”, sebuah film “action” yang ditulis oleh Gary Scott Thompson, dan disutradarai oleh B.J. Davis, B.J. Lewis tahun 1988. Wongbatu ini mengisahkan bahwa pada hari pertama penayangan film tersebut ia berniat nonton, tapi batal. Lalu terjadilah peristiwa tersebut, ia selamat dari bencana, namun mungkin hingga kini ia tidak pernah menonton film tersebut, yang ada hanya kenangan akan runtuhnya Bioskop Senisono.

Tidak ada keterangan yang pasti apakah Bioskop Senisono tutup untuk selamanya setelah peristiwa tersebut, atau kemudian buka lagi setelah atapnya direnovasi. Sekarang di lokasi Bioskop Senisono dijadikan sebuah ruko tanpa meninggalkan jejak apapun tentang Senisono. Namun yang jelas, nama Senisono yang dulu pernah menjadi sarana hiburan bagi wongbatu hingga kini masih menggema…

***

By: Jatz, 08 Februari 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s