Kacang Rebus…Riwayatmu Dulu…

Sekitar tahun 1980-an saat camilan belum beraneka ragam seperti saat ini, kacang rebus termasuk makanan yang wajib dibeli untuk “teman” nonton bioskop atau “mlaku-mlaku” (jalan-jalan) di Kota Batu sambil “nyamil” (makan) kacang.

Biasanya kacang ini akan dibungkus dengan koran dan dibentuk menjadi kerucut untuk tempat kacangnya. Ada dua pilihan saat kita membeli kacang tersebut, kacang garing (disangrai kering), atau kacang godhog (direbus). Banyaknya tergantung jumlah uang yang kita berikan, tidak ada patokan harga. Kalau dulu harga perbungkusnya antara 50 rupiah sampai 500 rupiah, dan kacang ini menjadi oleh-oleh yang ditunggu-tunggu jika ada anggota keluarga yang kebetulan pergi keluar rumah.

Kala itu hiburan sangatlah minim, kalau tidak nonton bioskop, paling-paling melihat orang jualan jamu atau sering disebut tukang jamu yang menggelar dagangannya di jalanan tanpa lapak sedikitpun. Yang paling menarik dari para tukang jamu ini bukanlah jamu atau obatnya, namun pertunjukan sulap atau hal aneh-aneh yang ditampilkan si penjual jamu dengan rekannya sebelum mereka menjajakan jamu mereka. Konyol, tapi selalu ramai pengunjung. Nah, saat seperti inilah biasanya sebagian besar penonton memegang “sak contong” (satu bungkus) kacang untuk “ngemil” sambil nonton.

Di zaman sekarang, yang kata anak-anak muda “kekinian”, jenis camilan begitu banyak sehingga kacang hanyalah salah satu pilihan dari sekian banyak pesaingnya. Kacang bukan lagi satu-satunya “teman” untuk nongkrong atau nonton bioskop. Ada Pop-Corn, Cilok, Cimol, Onde-onde Ceplus, dan camilan-camilan yang namanya aneh-aneh…banyak banget…sulit mengingat satu-persatu. Tapi yang pasti, wongbatu lawas pasti dulu sering membeli kacang garing atau rebus ini…dengan begitu banyak kisah tentang kacang….

***

Jatz, 03 November 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s