Koramil Kota Batu, Dulu di Jl.Panglima Sudirman…

Koramil 0818/02 Kota Batu yang beralamat di Jl. Sultan Agung No.1 Kota Batu ini dari kejauhan nampak asri dan tenang. Tidak banyak aktivitas yang terjadi di sini. Warna bangunan yang didominasi dengan warna hijau menjadi ciri khas dari bangunan untuk kepentingan militer.

Koramil ini memiliki kisah yang cukup panjang sebelum menetap di lokasinya yang sekarang. Menurut kisah dari wongbatu, dulu Koramil terletak di Jl.Panglima Sudirman (sebelah barat Gang Garasi yang sekarang ditempati oleh Toko Cipto Sport dan Salon). Waktu itu di sebelah timur dari Koramil ditempati Warung Bromo yang sekarang sudah tidak ada bekasnya lagi. Menurut cerita, ada bangunan berdinding seng di belakang Warung Bromo yang dulu pernah digunakan untuk tahanan PKI, jumlahnya mencapai puluhan orang.

Setelah situasi aman, Koramil yang pada waktu itu dipimpin oleh Danramil Bapak Jaeng, pindah ke Jl.WR Supratman (sekarang ditempati Warung Bedua, depan gereja GKJW). Entah di tahun berapa kemudian Koramil pindah lagi dan menetap di lokasinya yang sekarang.

Ada kisah juga, di lokasinya yang lama, di Jl.Panglima Sudirman, setelah Koramil pindah ke Jl.WR Supratman, pernah digunakan untuk Pentas Ludruk. Juga pernah digunakan untuk Festival Pop Singer. Sulit dibayangkan bagaimana suasana panggungnya kala itu. Dengan alat-alat yang masih sederhana serta background panggung yang dulu masih menggunakan kain-kain warna-warni. Tentu saja belum ada “banner” seperti saat ini.

Generasi lawas wongbatu tentu masih terkenang dengan bangunan bekas Koramil tersebut. Apalagi, situasi kala itu yang mungkin masih rawan sehingga kehadiran Koramil di lokasi tersebut sangat membantu wongbatu yang hidup di zaman itu.

***

Jatz, 22 Juni 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s