Ororombo, dari sepi sampai macet…

Jalan Oro-oro Ombo atau biasa disebut Ororombo ini memang dulu sekitar tahun 1970-an hanyalah jalan dengan kondisi aspal yang berlubang di sana-sini dan begitu sempit. Sebelum ada Jalibar (Jalur Lintas Barat) seperti sekarang, jalan ini menjadi satu-satunya jalan dari arah pusat Kota Batu menuju desa-desa di daerah Kota Batu bagian selatan.

Dulu jalan ini sangat jarang dilalui kendaraan, disamping pusat perdagangan yang masih terpusat di tengah Kota Batu; waktu itu alun-alun adalah pasar besar dan gedung Ganesha adalah pasar sayur; di daerah Oro-oro Ombo sebagian besar masih berupa sawah dan ladang. Perumahan penduduk masih belum padat, dan tidak ada tempat yang menarik untuk dikunjungi, berbeda dengan kondisi sekarang. Ada satu peternakan ayam cukup besar bernama PT Hisur, berdiri sekitar tahun 1975, yang berada di Desa Tlekung, desa setelah desa Oro-oro Ombo. Kondisi jalan yang rusak dan tidak adanya penerangan yang cukup, membuat masyarakat enggan melewati jalan ini jika hari sudah mulai gelap.

Foto kiriman dari saudari Feby Leiander mungkin adalah sedikit gambaran dari situasi jalan Oro-oro Ombo kala itu. Sepi, lengang…dan hanya satu dua mobil yang lewat. Di foto itu pun sang pemilik mobil bisa menyempatkan berfoto dengan kondisi mobil yang terparkir di tengah jalan, dapat dibayangkan betapa sepinya jalan tersebut kala itu.

Perkembangan Kota Batu yang begitu pesat menjadikan wilayah Kota Batu bagian selatan menjadi spot-spot wisata yang begitu terkenal se-Indonesia. Kehadiran spot-spot wisata modern mengubah jalan Oro-oro Ombo yang dulunya sempit dan sepi, menjadi lebar dan riuh di akhir minggu. Oro-oro Ombo yang dulu lengang kini menjadi salah satu jalur yang kadang macet di hari-hari liburan sekolah. Perumahan-perumahan pun juga mulai tumbuh subur di sana. Namunkita hanya berharap semoga perkembangan tersebut tidak menjadikan Kota Batu kehilangan keasriannya.

***

–JATZ, 03 Mei 2017–

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s