Prapatan Gudang Garem

Pernah suatu hari saya mencoba bertanya pada generasi muda wongbatu yang masih berusia belasan tahun tentang lokasi “Prapatan Gudang Garem”, ternyata kebanyakan dari mereka tidak tahu lokasi perempatan tersebut meski tiap hari mereka lewati.

Ketidaktahuan mereka bisa dimaklumi mengingat memang istilah tersebut makin lama makin tidak ada yang menggunakannya lagi kecuali generasi tua wongbatu. Sebutan Prapatan Gudang Garem sangat asing bagi generasi muda wongbatu yang rata-rata dilahirkan tahun 1995 ke atas.

Bagi generasi kelahiran tahun 1970 ke atas, sebutan tersebut masih akrab di telinga karena masih sering terdengar. Bahkan generasi ini mungkin masih mengingat kondisi Prapatan Gudang Garem saat belum berubah seperti saat ini.

Prapatan Gudang Garem adalah sebutan untuk perempatan yang merupakan perpotongan jalan antara Jalan W.R. Supratman dan Jalan Sudiro. Atau kalau mengacu pada zaman sekarang, adalah sebutan untuk perempatan di sebelah barat “Bakwan Mentawai” di Jl. W.R. Supratman, atau perempatan di sebelah selatan “Warung Sejati” di Jl. Sudiro. Sebutan Gudang Garem sendiri ini mengacu pada bangunan di sebelah barat dari perempatan ini yang dulu memang digunakan sebagai gudang penyimpanan garam, atau gudang garam. Wongbatu melafalkan gudang garam dengan “gudang garem”,  dan perempatan itu pun akhirnya disebut dengan perempatan gudang garem, atau prapatan gudang garem.

Kini bangunan yang digunakan sebagai gudang garam itu telah berubah fungsi menjadi sebuah warung. Namun meski gudang garam itu tidak ada lagi, wongbatu “lawas” / lama, tetap menyebut perempatan tersebut dengan “Prapatan Gudang Garem.”

***

Jatz, 18 Maret 2016

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s